Blog

Merk kosmetik indonesia – Kini wanita Indonesia sedang menggandrungi produk kosmetik. Pasar yang sedang ramai ini kemudian mengundang banyak pengusaha untuk membuat beragam produk kosmetik. Namun, banyaknya produk kosmetik yang beredar membuat pengusaha harus pintar dalam membangun merk kosmetik Indonesia agar laku di pasaran.

Merk Kosmetik Indonesia

5 Cara Membangun Merk Kosmetik Indonesia agar Laku Di Pasaran

Membangun merk kosmetik Indonesia bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, kini banyak muncul beragam kosmetik baru yang juga mengincar pasar yang sama, yaitu wanita Indonesia. Namun, janganlah putus asa, cobalah untuk mencari tahu cara membangun merk kosmetik agar produknya laris di pasaran, melalui artikel berikut ini:

1. Ketahui Target Pemasaran

Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui target pemasaran yang akan diincar. Caranya yaitu dapat melakukan riset sederhana, bisa berupa mencari tahu di internet maupun melakukan riset langsung ke lapangan. Target pemasaran yang jelas dapat membantu pengusaha untuk mengetahui metode pemasaran yang tepat saat ingin menjual kosmetiknya.

Mengetahui target pemasaran juga dapat menentukan harga kosmetik agar sesuai dengan konsumen yang akan dituju. Pasalnya, kosmetik memiliki banyak pasarnya sendiri sehingga setiap merk kosmetik harus memiliki target pemasaran yang spesifik. Misalnya, jika merk kosmetik dikhususkan bagi remaja, maka harga yang cocok tidaklah dijual dengan harga yang tinggi.

2. Ketahui Keunikan Kosmetik yang Dijual

Setelah mengetahui target pasar yang akan dituju, galilah keunikan dari kosmetik yang akan dijual. Keunikan bisa berasal dari beragam sisi, bisa dari bahan dan kandungan, warna, tekstur, dan fungsi kosmetik itu sendiri. Selain itu keunikan juga bisa dilihat dari kemasan kosmetik agar lebih menonjol dibandingkan kosmetik merk lain dan dapat mencuri perhatian konsumen.

Keunikan juga dapat dimaksud dengan karakter yang hanya ada di kosmetik tersebut, tanpa adanya kesamaan dengan merk kosmetik lain. Cobalah untuk mengemas kosmetik menjadi unik dan menarik sehingga dapat menarik minat konsumen.

3. Memiliki Logo yang Menarik

Jika membicarakan soal merk, tentunya logo dan merk tidak dapat dipisahkan. Logo dapat dijadikan sebuah karakter merk atau sebagai gambar yang mewakili merk kosmetik yang dijual. Selain itu, logo juga dapat berfungsi untuk membantu konsumen mengenal sebuah merk kosmetik.

Pentingnya logo dalam merk, maka diharuskan membuat logo yang menarik, unik, dan memiliki karakter yang sesuai dengan merk yang dibangun. Cobalah membuat logo yang detail dan memiliki arti dalam setiap gambarnya sehingga merk yang dibangun senada dengan logonya.

4. Lakukan Promosi dan Branding

Banyaknya kosmetik lokal yang beredar, membuat pengusaha kosmetik harus pandai dalam melakukan strategi pemasaran. Cara yang dapat ditempuh yaitu melakukan promosi dan branding. Promosi dapat dilakukan untuk mendongkrak penjualan kosmetik. Sedangkan branding dapat dilakukan agar kosmetik yang dijual menjadi top of mind dikepala konsumen sehingga konsumen membeli produknya.

Promosi dan branding dapat dilakukan sejalan serta memiliki visi dan misi yang sama. Manfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan keduanya, misalnya melalui media sosial, maupun website resmi. Pastikan beragam media tersebut berjalan dengan baik dan informatif agar merk yang dibangun pun memiliki citra yang positif dimata konsumen.

Baca Juga

5. Gunakan Jasa Influencer

Menggunakan jasa influencer dinilai cukup ampuh untuk membangun suatu merk, terlebih lagi untuk merk kosmetik. Pasalnya, kini banyak influencer khusus kecantikan yang pastinya cocok apabila digunakan sebagai sarana membangun suatu merk kosmetik.

Influencer memiliki banyak followers sehingga ketika influencer mempromosikan merk kosmetik tertentu akan diikuti oleh followers-nya. Jika influencer memberikan review bagus pada suatu kosmetik, maka follower dari influencer tersebut akan tertarik untuk menggunakan merk kosmetik yang sama.

Itulah 5 cara untuk membangun merk kosmetik Indonesia yang patut dicoba. Cobalah cara tersebut satu demi satu dan nikmati segala tahapannya. Pasalnya, membangun suatu merk tidaklah instan, pasti membutuhkan waktu yang panjang. Cobalah untuk terus fokus dan tekun agar proses membangun merk menjadi berhasil.

Salam Sukses