BlogBahan kimia kosmetik

Bahan kimia kosmetik – Bagi para pemilik kulit sensitive, pemilihan kosmetik yang tepat sangat diperlukan. Kosmetik yang beradar di pasaran, tidak menjamin mengandung bahan kimia yang aman. Konsumen setidaknya harus tahu beberapa bahan kimia yang ada pada kosmetik dan masuk kategori berbahaya. Berikut apa saja bahan kimia kosmetik berbahaya yang sebaiknya dihindari pemakaiannya.

Bahan kimia kosmetik

Bahan Kimia Kosmetik Berbahaya

1. Paraben

Merupakan sekelompok senyawa organic yang biasa digunakan sebagai bahan pengawet beberapa produk. Mulai dari sampo, kondisioner, produk cukur, atau pun sejumlah pelembab. Paraben seringkali dikaitkan dengan penyebab gangguan kesehatan reproduksi hingga kanker payudara. Hal inilah yang menyebabkan paraben bisa dikategorikan sebagai bahan kimia kosmetik berbahaya.

Walaupun begitu, sebetulnya paraben bisa diperoleh juga dari bahan alami seperti blueberry dan lobak. Begitu juga FDA yang sampai saat ini tidak punya bukti kuat yang mampu menjelaskan tentang efek negatif paraben bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, paraben hingga saat ini masih diragukan keamanannya.

2. Phthalates

Kandungan bahan ini banyak ditemukan pada beberapa produk kosmetik di pasaran. Termasuk diantaranya cat kuku, parfum, lotion maupun produk kosmetik lainnya. Bahan ini cukup dapat memberikan efek buruk pada manusia. Setidaknya sudah ada penelitian yang mengungkapkan tentang hal tersebut yaitu studi dari Harvard School of Public Health.

Penelitian tersebut menyebutkan jika penyebab kerusakan DNA dalam sperma akibat dari peningkatan phthalates di dalamnya. Selain itu, bahan ini juga sering dikaitkan dengan penyebab kerusakan sel-sel lain pada tubuh. Namun sayangnya, Phthalates seringkali tidak tertera dalam komposisi suatu produk.

3. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS merupakan sejenis deterjen, yaitu bahan yang sering dipergunakan sebagai campuran untuk membuat beragam produk perawatan tubuh. Dari mulai sabun, sampo, hingga pasta gigi. SLS dipakai sebagai bahan penghasil busa.

Sebetulnya SLS tidak dilarang penggunaannya. Namun jika pemakaian sudah diambang batas, bisa memicu peradangan kulit. Bahkan FDA menyarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan bahan ini sesuai ketentuan dalam labelnya. SLS hampir tidak ada pada produk bayi. Maka hindari memakaikan produk orang dewasa pada anak-anak terutama bayi.

4. Petroleum Jelly

Bahan petroleum jelly banyak digunakan sebagai pelembab kulit. Selain itu juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan goresan kecil serta luka bakar, menambah kilau pada rambut, dan mempertahankan aroma parfum. Bahan ini juga kadang dimanfaatkan untuk mencegah ruam popok dan mencegah kulit terkena noda akibat cat kuku.

Namun, meskipun banyak sekali kegunaannya sebaiknya pemakaian bahan ini cukup dibatasi. Di samping banyak manfaatnya, petroleum jelly bukannya tidak punya efek buruk terutama yang memiliki kulit sensitive. Misalnya bisa beresiko alergi, infeksi, iritasi maupun pori-pori yang tersumbat.

5. Formaldehina

Bahan ini sering digunakan pada produk pelicin rambut serta pengkilat kuku. Formaldehina berbentuk gas asli. Saat dalam bentu cair, bahan ini bernama formalin. Faktanya, bahan ini bersifat karsinogen, dan kerap kali dilabeli dengan nama methylene glycol.

Bahan ini juga punya banyak nama lain seperti diazolidinyl urea yang umumnya ada di produk pencuci muka. Selain itu, punya nama lain juga yaitu quaternium-15 yang biasa ada dalam kandungan bedak wajah. Nama ini mungkin sering ditemukan pada beberapa kosmetik di pasaran, sehingga perlu hati-hati.

Baca Juga

6. Triclosan

Triclosan dikenal sebagai pengawet dan anti bakteri. Seringkali ditemukan pada produk-produk pasta gigi, deodorant, sabun cair maupun sampo. Bahan ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah gingivitis. Meskipun begitu, sejumlah penelitian mengungkapkan jika triclosan terbukti bisa menganggu sistem hormone manusia.

Selain itu juga seringkali dikaitkan dengan penyebab alergi maupun penyakit kanker. Untuk itu, jika merasa sedang dalam perawatan kesehatan, baiknya hindari bahan ini terutama dalam produk pasta gigi.

Bahan Kimia Kosmetik Berbahaya di Atas Perlu Anda Coba

Itulah beberapa bahan kimia kosmetik berbahaya yang bisa diketahui. Sebagai konsumen, memang sebaiknya harus berhati-hati memilih kosmetik yang akan dipakai. Bila ingin lebih aman, kini sudah ada jasa maklon kosmetik. Mereka bisa membantu membuatkan kosmetik sesuai keinginan sendiri. Tentu dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya supaya lebih aman.

Hubungi Kami

No. Telp Kantor : 021 8775 7191
No. Hp : 0821 6650 2500 (Telp & WA) 0821 6650 5800 (WA Only)
Mail : [email protected]
Alamat : Jalan Bungur 2 No 78. Harjamukti. Cimanggis, Depok 16454

Salam Sukses